Apa Sih Pecahan Senilai dan Bagaimana Cara Mencari Pecahan Senilai ?

Apa Sih Pecahan Senilai dan Bagaimana Cara Mencari Pecahan Senilai ? Sahabat Solmat...... Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Apa Sih Pecahan Senilai itu ? Bagaimana Cara Mencari pecahan-pecahan yang senilai dari sebuah pecahan ? Apa sih pentingnya belajar pecahan senilai ? Nah postingan kali ini akan menjawab tuntas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

1. Pecahan Senilai

Pecahan senilai (atau disebut juga pecahan ekivalen) merujuk pada pecahan-pecahan yang nilainya sama. Untuk memperkenalkan konsep pecahan senilai biasanya menggunakan model lingkaran atau model pesegipanjang. Untuk memahaminya konsep  pecahan senilai diperlukan pemahaman yang memadai tentang konsepsi pecahan sebagai part-whole relationship (hubungan antara bagian bagian dengan sesuatu yang utuh) yang telah dibahas sebelumnya.

Perhatikan Gambar berikut ini:


Dari gambar di atas, dapat dikatakan bahwa $\frac{1}{2}=\frac{2}{4}=\frac{4}{8}$ seperti pada gambar berikut.

Dengan demikian $\frac{1}{2}$ , $\frac{2}{4}$ dan $\frac{4}{8}$ merupakan pecahan-pecahan dengan nilai yang sama.

2. Cara Mencari Pecahan Senilai

Untuk mencari pecahan yang senilai dengan sebuah pecahan yang diberikan kita hanya perlu mengalikan pembilang dan penyebut sebuah pecahan dengan bilangan yang sama. Untuk memudahkan pemahaman tentang cara mencari pecahan senilai maka perhatikanlah contoh-contoh berikut ini.

Contoh 1: 

Carilah dua buah pecahan yang nilainya sama dengan $\frac{10}{12}$.

Penyelesaian:
Perhatikan gambar berikut ini ! Daerah yang diarsir memiliki luas yang sama, dimana persegi panjang dibagi bagi dalam 12 bagian, 18 bagian, dan 6 bagian.


Dengan demikian $\frac{10}{12}$ , $\frac{15}{18}$ dan $\frac{5}{6}$ merupakan pecahan-pecahan dengan nilai yang sama. Oleh karena itu pecahan-pecahan yang senilai dengan $\frac{10}{12}$, dua diantaranya adalah $\frac{15}{18}$ dan $\frac{5}{6}$.

Contoh 2: 

Carilah dua buah pecahan yang nilainya sama dengan $\frac{4}{6}$.

Penyelesaian:

Perhatikan gambar berikut ini ! Daerah yang diarsir memiliki luas yang sama, dimana persegi panjang dibagi bagi dalam 6 bagian, 12 bagian, dan 3 bagian.


Dengan demikian $\frac{4}{6}$ , $\frac{8}{12}$ dan $\frac{2}{3}$ merupakan pecahan-pecahan dengan nilai yang sama. Oleh karena itu pecahan-pecahan yang senilai dengan $\frac{4}{6}$, dua diantaranya adalah $\frac{8}{12}$ dan $\frac{2}{3}$.

Contoh 3:


Carilah bilangan a  bawah ini yang dapat membuat pecahan tersebut sama.

$\frac{3}{5}=\frac{a}{20}$

Penyelesaian:
Perhatikan penyebut kedua pecahan di atas. 20 merupakan hasil kali  5 x 4 = 20. Oleh karenanya a = 3x4=12. sehingga  $\frac{3}{5}=\frac{12}{20}$.

Agar lebih memahami materi tentang pecahan senilai, ada baiknya menonton video penjelasan saya di bawah ini:


Pecahan juga memiliki satu buah pecahan senilai yang paling sederhana yang penjelasannya dapat disimak pada video berikut:




Baiklah Sahabat Solmat, demikian pembahasan saya tentang pecahan senilai pada postingan kali ini. Moga-moga postingan ini bermanfaat untuk semua sahabat yang membacanya. Bila ada pertanyaan, silahkan menuliskannya di kolom komentar. 

Post a Comment for "Apa Sih Pecahan Senilai dan Bagaimana Cara Mencari Pecahan Senilai ?"