Membuktikan Rumus Luas Permukaan Bola Menggunakan Media Sederhana Kulit Jeruk

Membuktikan Rumus Luas Permukaan Bola Menggunakan Media Sederhana Kulit Jeruk - 
Guru Sekolah Dasar dituntut untuk dapat memanfaatkan media benda-benda atau bahan yang mudah diperoleh di lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran matematika. Benda-benda di sekitar dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang murah seperti halnya kulit jeruk. Jeruk yang menyerupai bola akan digunakan dalam pembelajaran tentang Luas Permukaan Bola.

Seperti yang diketahui, bola didefinisikan sebagai bangun ruang yang permukaaannya merupakan bidang  lengkung.  Untuk menemukan rumus luas permukaan bola tentu dapat dibuktikan secara formal, namun hal ini sangat sulit bagi anak usia sekolah dasar.

Menemukan rumus luas permukaan bola dapat dilakukan dengan cara sederhana menggunakan media pembelajaran matematika sederhana  yang ada di lingkungan siswa. Tentu saja, kita tidak dapat merusak bola sepak plastik milik siswa. Guru dapat menggunakan media-media seperti kulit jeruk yang banyak di sekitar siswa. Kulit jeruk dapat digunakan untuk melakukan percobaan membuktikan Rumus Luas Permukaan Bola

Para mahasiswa PGSD perlu dibekali dengan kemampuan untuk menciptakan media pembelajaran matematika sederhana. Mereka diminta untuk membuktikan Rumus Luas Permukaan Bola Menggunakan Kulit Jeruk. Prosedur Membuktikan Rumus Luas Permukaan Bola dengan menggunakan kulit jeruk yang mereka lakukan adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Memotong jeruk menjadi dua bagian yang sama besar

Langkah 2: Menggambar 2 buah lingkaran yang diameternya sama dengan diameter jeruk. Jadi dapat dilihat bahwa diameter lingkaran adalah sama dengan diameter jeruk.
 Langkah 3: Mengupas kulit jeruk dan memotongnya kecil-keci.

Langkah 4: Menempelkan potongan kulit jeruk dari satu belahan jeruk pada dua lingkaran yang diameternya sama dengan diameter jeruk. Potongan kulit jeruk tersebut akan menutupi seluruh permukaan kedua lingkaran.


Luas setengah jeruk = 2 x Luas lingkaran
Luas setengan bola $=2\times \left ( \pi r^{2} \right )$ 
Luas setengah bola $=2\pi r^{2}$ 
Luas jeruk ( bola ) = 2 x Luas setengah bola= $=2\times \left (2\pi r^{2}\right)$
Luas jeruk ( bola ) $=4\pi r^{2}$

Jadi, Luas permukaan bola yaitu $2\times \left (2\pi r^{2}\right)$, dengan, $\pi=\frac{22}{7}$  atau $\pi=3,14$  dan r = jari-jari bola
Untuk melihat langkah-langkah seperti yang telah dituliskan di atas, silahkan simak video berikut ini:




Dengan menggunakan media pembelajaran matematika sederhana seperti Jeruk untuk peragaan di atas, siswa diharapkan dengan mudah menemukan luas permukaan bangun bola karena siswa melakukan aktivitas sambil berpikir. Dengan cara ini juga siswa mengggunakan rumus menghitung luas permukaan bola hasil konstruksi sendiri dan prosedur ini bermakna bagi mereka. Pembelajaran matematika bermakna seperti ini membuat siswa tidak cepat lupa dengan apa yang mereka pelajari.

Semoga Bermanfaat.