Cara Menjelaskan x/0, 0/x dan 0/0 Kepada Siswa Siswa Sekolah Dasar

Cara Menjelaskan x/0, 0/x dan 0/0  Kepada Siswa Siswa Sekolah Dasar - Artikel ini diperuntukan bagi guru yang ingin memperikan pemahaman pembagian yang melibatkan 0 pada siswa sekolah dasar. Secara teoritis, anak-anak usia sekolah dasar menurut Piaget berada pada tahap operasional konkrit dan pola berpikir induktif. Walaupun demikian, satu prinsip penting yang perlu diterapkan pada pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah pendekatan belajar tuntas (mastery learning). 

Anak-anak harus memahami misalnya mengapa 1/0 tidak terdefinisi, 0/1=0 maupun 0/0 adalah tak hingga. Jadi anak-anak tidak dibiarkan dan dibiasakan sejak dini dengan hanya menghafalkan formula matematis tanpa mengetahui bagaimana dan mengapa formula matematika seperti demikian adanya. Untuk menjelaskan x/0, 0/x dan 0/0 tentu saja dimulai dari definisi pembagian.  Definisi pembagian secara sederhana untuk siswa sekolah dasar adalah sebagai berikut:
a/b terdefinisi jika ada dengan tunggal c sedemikian sehingga cb=a dan b tidak bernilai 0. atau yang di buku buku SD tertulis jika a/b=c, b tidak 0 maka a=cb

1. Mengapa  1 dibagi 0  "tak terdefinisi"?


Inti dari pernyataan matematika nomor 1 di atas adalah pembagi 0 yang tidak diperbolehkan menurut definisi pembagian. Untuk menjelaskan mengapa 1/0 tidak terdefinisi tentu saja siswa sudah mengenal definisi pembagian. Yang perlu dijelaskan kepada anak anak adalah bahwa harus ada satu hasil dari operasi pembagian yang tunggal. 1/0 = x maka 1 = 0 . x atau 0 . x = 1. Anak-anak diminta untuk mencari bilangan yang kalau dikalikan dengan 0 hasilnya adalah 1. Tentu saja anak-anak tidak akan menemukan bilangan tersebut. Oleh karenanya 1/0 tidak terdefinisi. Penjelasan ini sangat mudah untuk siswa di tingkat yang lebih tinggi.

2. Mengapa  0 dibagi 1  hasilnya 0 ?


Untuk menjelaskan pembagian 0 dengan bilangan sembarang akan mudah mengingat anak anak akan menemukan sebuah nilai yang kalau dikalikan dengan 0 hasilnya adalah 0. 0/1 = x maka 0 = 1 . x atau 1 . x = 0, jadi x = 0,

3. Mengapa  0 dibagi 0  dikatakan tak terhingga ?


Untuk mendapatkan hasil dari 0/0, kuncinya adalah ketunggalan sebuah hasil operasi. ternyata 0/0 menghasilkan banyak hasil atau tak terhingga banyak nilai yang memenuhi 0/0. Berapapun nilai entah 1, 2, 50, 60, 100, 10000000, mau berapapun itu ketika dikalikan dengan 0 hasilnya akan tetap 0. sehingga 0/0  memiliki banyak solusi/hasil. Dengan demikian 0/0=tak terhingga. Tak terhingga di sini menjelaskan tak hingga banyak solusi, bukan nilai yang besar dan kecil tak hingga yang tidak diketahui nilainya. Lalu bagaimana meyakinkan pada anak-anak kalau harus menulis tak terhingga dan bukan nilai sembarang yang mereka inginkan ? Jawabanya adalah bahwa hasil operasi harus tunggal.
Demikianlah cara menjelaskan x/0, 0/x dan 0/0  Kepada Siswa Siswa Sekolah Dasar. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menjelaskan x/0, 0/x dan 0/0 Kepada Siswa Siswa Sekolah Dasar"