Lingkaran di Sekolah Dasar

Lingkaran di Sekolah Dasar - Lingkaran adalah salah satu bentuk yang  penting dalam geometri. Lingkaran juga merupakan salah satu konsep yang dipelajari oleh anak-anak sejak usia sekolah dasar. Ada banyak contoh konsep dari  lingkaran yang dapat ditemukan di sekitar kita. Anak-anak akan dengan mudah menemukan benda-benda yang permukaannya berbentuk lingkaran

Banyak manfaat yang dapat diperoleh ketika anak-anak mempelajari lingkaran. Anak-anak  dapat belajar banyak tentang dunia sekitar kita dan berbagai mekanismenya jika mereka  memahami lingkaran. Pengalaman anak-anak dengan lingkaran akan berguna bagi kehidupan mereka sehari-hari.

Pertama, apa definisi formal lingkaran?

Untuk memulai mempelajari lingkaran, anak-anak perlu dikenalkan tentang benda-benda berbentuk lingkaran di sekita mereka dan sampai pada konsep lingkaran sendiri. Mereka dapat mendeskripsikan lingkaran sesuai pengamatan mereka tentang lingkaran sehingga pada saatnya sampai pada definisi formal lingkaran.
Lingkaran adalah  sebuah bentuk yang terdiri dari semua titik pada bidang (permukaan datar) yang jaraknya sama dari titik tertentu.

Tonton Video Lingkaran dan Unsur-Unsur Lingkarang di Bawah ini.

Apa artinya?


Oke, jadi mari kita mulai dengan "titik yang diberikan". Mari kita pilih satu titik pada permukaan datar, seperti pada gambar di bawah  ini, misalnya kita akan menyebutnya titik P. Sekarang pilih semua titik lain di layar yang jarak R persis sama dari titik P.

Perhatikan  saat kita mencoba menambahkan titik dengan jarak yang sama dalam animasi di bawah ini:



Istilah yang digunakan dalam geometri lingkaran

Jari Jari 

Jari-jari adalah jarak dari titik pusat ke tepi lingkaran. Ini adalah jarak R yang sama yang kita gunakan untuk membuat lingkaran dalam definisi kita.

Diameter 

Diameter adalah garis lurus yang melewati lingkaran dan melewati pusat. Panjang diameter adalah dua kali panjang jari-jari. Definisi ini memberi kita persamaan matematika pertama  untuk lingkaran:
D = 2 x R atau R = D / 2

Jadi diameternya adalah dua kali radius dan jari-jari adalah setengah dari diameter.

Keliling 

Keliling  adalah panjang dari garis lengkung yang berisi titik-titik dan membentuk lingkaran. Kita  menggunakan rumus berikut untuk mencari keliling:

c = d * π

Tonton Video Keliling Lingkaran di bawah ini.


Lalu Apa itu simbol π ???


Simbol π ini disebut pi. π adalah angka yang kita gunakan dalam pembahasan tentang lingkaran. Kita tidak akan membahas detailnya sekarang (Anda dapat mengunjungi artikel : Bagaimana menemukan Nilai Phi=3,14), tetapi mari kita sepakat untuk menggunakannya dan itu berfungsi untuk saat ini.

π = 3.14 .....

Digit desimal akan sangat panjang, tetapi kita akan membulatkannya cukup dekat menjadi 3,14. 

Kembali ke keliling; Ada beberapa rumus praktis yang akan kita gunakan:

c = d * π
c = 2 * π * r

Di mana c = keliling, d = diameter, dan r = jari-jari.

Nonton video terkait: Cara menemukan Luas Lingkaran



Istilah pada Lingkaran lainnya

Juring (sector)


Juring adalah bagian dari lingkaran yang dibuat oleh dua jari yang berbeda. Semacam pizza atau kue.

Tali Busur (Chord)

Tali Busur adalah segmen garis yang menggabungkan dua titik pada lingkaran. Diameternya adalah jenis tali busur khusus yang melewati titik tengah lingkaran.

Post a Comment for "Lingkaran di Sekolah Dasar"