Menulis Matematika di Blogspot dengan Menggunakan Latex

Menulis Matematika di Blogspot dengan Menggunakan Latex  -  Hai Sahabat Solmat........Bagi sebagian besar blogger yang menggunakan blogspot, rasa-rasanya pasti pernah punya pengalaman tetnang sulitnya memasukan notasi-notasi matematika dalam postingan. Ini, kadang-kadang yang membuat blogger yang membahas tema-tema tentang matematika kelihatan tidak produktif dalam menghasilkan artikel-artikel berkualitas. 

Sama seperti saya, pada postingan-postingan sebelum saya mengetahui cara yang saya bagikan kali ini, saya menuliskan rumus-rumus dalam software-software pengolah kata dalam bentuk dokumen selanjutnya mengkonvernya dalam bentuk file pdf, selanjutnya men SnapShot file pdf tersebut dan menyimpannya dalam bentuk gambar ke hardrive selanjutnya dimasukan dalam postingan seperti biasanya. Namun, cara tersebut sering membuat tulisan dalam blog tidak rapi dan tidak inline dengan teksteks yang lain dalam postingan.

Saya pernah menulis artikel yang sama pada aerikel Berlatih Menulis Rumus Matematika di Blogspot dengan Menggunakan LaTeX.  Pada artikel tersebut, yang diambil adalah gambar yang dihasilkan dari kode LaTex.  Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan tips bagaimana memasukan rumus matematika dalam artikel blogspot dengan menggunakan Latex namun bukan dalam bentuk gambar seperti artikel sebelumnya.


Sebelum menulis rumus-rumus matematika menggunakan Latex, pastikan agar blog anda bisa mengeksekusi kode-kode latex. Caranya adalah Masuk Ke Blogger- Thema- Edit HTML, Selanjutnya menempatkan kode berikut ini pada situs  tepat sebelam tag </head>.

<script src='http://cdn.mathjax.org/mathjax/latest/MathJax.js' type='text/javascript'>
 MathJax.Hub.Config({
 extensions: [&quot;tex2jax.js&quot;,&quot;TeX/AMSmath.js&quot;,&quot;TeX/AMSsymbols.js&quot;],
 jax: [&quot;input/TeX&quot;, &quot;output/HTML-CSS&quot;],
 tex2jax: {
 inlineMath: [ [&#39;$&#39;,&#39;$&#39;], [&quot;\\(&quot;,&quot;\\)&quot;] ],
 displayMath: [ [&#39;$$&#39;,&#39;$$&#39;], [&quot;\\[&quot;,&quot;\\]&quot;] ],
 },
 &quot;HTML-CSS&quot;: { availableFonts: [&quot;TeX&quot;] }
 });
 </script>


Agar tidak membuat anda bingung saya tunjukan gambarnya sebagai berikut.

Perhatikan lingkaran di bawah tanda panah. Itu adalah kode yang ditempatkan sebelum tag </head> yang berwarna kuning. Jika sudah berhasil, maka anda siap untuk menulis rumus.

Untuk menulis rumus matematika, masuk ke https://www.codecogs.com/latex/eqneditor.php. Selanjutnya ketikan rumus yang akan kita masukan di blog seperti gambar berikut:

Misalkan kita ingin menuliskan $\frac{10}{12}$ , $\frac{15}{18}$ maka kita tinggal memilih bentuk yang sesuai seperti layaknya mengetikan rumus pada equation editor di MS Word sebagai berikut.

Perhatikan bahwa kita akan menuliskan $\frac{10}{12}$ , $\frac{15}{18}$ dengan mengkopi dari jendela latex (lihat panah). Pastikan untuk memilih Latex. Di bagian atas jangan lupa centang inline dan compressed. 


Langkah selanjutnya adalah mengkopi kode dalam kotak di bawah tanda panah untuk dipastekan pada menu compose saat menulis artikel pada blogspot seperti pada gambar berikut (Lihat lingkaran di bawah tanda panah):


Perlu diingat bahwa bentuk $\frac{10}{12}$ , $\frac{15}{18}$ akan terlihat ketika kita pratinjau atau artikel tersebut dipublikasi seperti pada gambar berikut:

Demikianlah cara saya menuliskan artikel yang berjudul : Apa Sih Pecahan Senilai dan Bagaimana Cara Mencari Pecahan Senilai ? menggunakan kode-kode Latex. Dengan menggunakan LaTex, tampilan rumus matematika pada Blogspot akan menyatu dengan tex artikel lainnya dalam blog, apalagi ditunjang oleh template yang bagus.

Untuk mengetahui template yang banyak dipilih oleh para blogger, sahabat Solmat bisa membacanya di sini atau di sini.

Semoga bermanfaat dan menjawab kebingungan bagaimana cara blogger platfor blogspot menuliskan rumus-rumus ke dalam artikelnya.

Post a Comment for "Menulis Matematika di Blogspot dengan Menggunakan Latex"