Inovasi Pembelajaran Menyenangkan di Tingkat Pendidikan Dasar

Inovasi Pembelajaran Menyenangkan di Tingkat Pendidikan Dasar - Judul tulisan ini merupakan tema dari Seminar Nasional Pendidikan Dasar (SENADA) yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Flores Ende pada Hari ini, Sabtu, 2 Desember 2017. Seminar ini dihadiri oleh kurang lebih 500 peserta dan 50 Pemakalah dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Tujuan seminar ini yaitu sebagai ajang berbagi informasi mengenai pembelajaran inovatif dan kreatif baik di tingkat SD maupun SMP; bagaimana merancang proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dan akhirnya dapat mengimplementasikannya.

Berkaitan dengan tema tersebut di atas, panitia menghadirkan empat narasumber sebagai pemakalah utama, yaitu: Prof. Dr. C.Asri Budiningsih, M.Pd dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), T. Novi Poespita Candra, M.Si, Psikolog (UGM), Dr.Sofia Sa’o (Uniflor) dan Felix Welu,S.Pd.,M.Pd (Uniflor). Keempat pemakalah ini akan menyampaikan isi makalahnya dalam sesi utama. Selain makalah dari tiga pemakalah utama di atas, panitia juga menerima makalah dari beberapa Instansi di Indonesia untuk dipublikasikan dan akan dipresentasekan dalam sesi paralel. Dari makalah-makalah yang diterima oleh panitia terdapat pengirim makalah dari Universitas PGRI Palembang, STKIP PGRI Lubuk Linggau, Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Haluoleo Kendari, SDK Ndona 2, Universitas Nahdlatul Ulama NTB, SDK Ende 7, SDI Ende 16, STKIP Kusuma Negara Jakarta, Universitas Hamzanwadi Selong NTB, SDK Sadha, SDI Malanuza, SMPN 5 Bajawa dan Wahana Visi Indonesia (WVI). Seminar ini juga dihadiri oleh peserta pendengar yang terdiri dari Mahasiswa, Dosen, Guru dan Praktisi dunia pendidikan. Sebagian besar peserta berasal dari instansi-instansi di Pulau Flores.

Dalam Seminar yang diselenggarakan di Hotel Flores Mandiri ini, Bu Prof. Asri Budiningsih membawakan makalah berjudul :" Peningkatan Kualitas Pembelajaran", T. Novi Poespita Candra rencananya akan membawakan makalah berjudul : "Konsep Sekolah Menyenangkan   namun beliau tidak bisa hadir karena tugas yang tidak dapat beliau tinggalkan. Ibu Sofia Sao membawakan makalah berjudul Aplikasi Pembelajaran Realistik dalam K-13 untuk Siswa Sekolah Dasar dan Pak Felix Welu, Kaprodi PGSD Universitas Flores membawakan makalah berjudul: " Pendekatan Holistik Pendidikan Karakter Di Sekolah Indonesia". Keempat Pemakalah ini menyajikan makalah yang sesuai tema seminar.

https://solusimatikasd.blogspot.co.id/2017/12/inovasi-pembelajaran-menyenangkan-di.html
Pemakalah Paralel Senada 2017
Selain Pemakalah utama, Pemakalah paralel terdiri dari 50 Orang dan semuanya menyajikan makalah terkait inovasi pembelajaran di SD dan SMP. Beberapa makalah yang dipresentasikan pada sesi paralel diantaranya adalah makalah tentang bagaimana  MENCIPTAKAN JOYFUL LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR oleh pak Yudha dari STKIP Kusumanegara Jakarta. Selain pak Yudha, ada pemakalah dari Lombok yaitu bapak Yazid yang memaparkan tentang : EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA MASYARAKAT SUKU SASAK LOMBOK TERHADAP PENANAMAN KARAKTER BUDAYA.
Tentu saja masih banyak pemakalah paralel lain selain pemakalah di atas.   Secara umum acara ini berlangsung sukses dan menghasilkan keluaran dalam bentuk prosiding.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Comments
0 Comments

0 Response to "Inovasi Pembelajaran Menyenangkan di Tingkat Pendidikan Dasar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel