Bagi Guru Baru, Lakukan Beberapa Hal Berikut ini ketika pertama kali mengajar Matematika

Bagi Guru Baru, Lakukan Beberapa Hal Berikut ini ketika pertama kali mengajar Matematika-Semua guru atau dosen matematika pasti mengalami dan memiliki pengalaman unik ketika pertama kali mengajar matematika. Tentu saja sensasi yang dirasakan para guru matematika akan berbeda dengan guru mata pelajaran lainnya. Lebih sulit bagi guru (baru) matematika dalam pengalaman pertama mengajar ketimbang guru mata pelajaran lainnya. Pernyataan ini bukan untuk menganggap sepele guru-guru mata pelajaran lain, tetapi memang pada dasarnya matematika telah dianggap seperti monster bagi para siswa di belahan manapun dan karenanya hal ini membuat keringatan para guru yang pertama kali mengajar matematika.

Dari sekian tingkatan sekolah, guru di tingkat Sekolah Dasar akan lebih sulit untuk menghadapi pengalaman mengajar pertama mereka. Mengapa saya bilang seperti itu ? Tentu para guru paham akan hal tersebut karena telah dibekali pada saat kuliah di LPTK bahwa karakteristik anak-anak bertolak belakang dengan karakteristik matematika. Guru memikul beban dan tanggung jawab besar karena harus menjadi jembatan penghubung antara pemikiran anak dan materi matematika. Untuk itu, hari pertama mengajar merupakan momen paling menentukan dalam keseluruhan karir dari guru yang bersangkutan. Saya mengingat tagline sebuah iklan, saya lupa iklannya apa tetapi taglainenya begini: “Awalnya begitu menggoda selanjutnya terserah anda”. Oh ya, iklan sebuah produk minyak wangi kalau nggak salah. Jadi pengalaman pertama mengajar matematika menjadi penting.

Seperti diketahui bahwa kurikulum LPTK guru dibuat untuk membekali para calon guru dengan yang istilah sekarang dinamakan TPCK. Jadi sebetulnya untuk bekal mengajar guru bukanlah masalah. Bahkan guru telah dibentuk melalui beberapa proses praktik mengajar baik saat kuliah microteaching maupun pada saat praktik. Namun, ada saja banyak guru matematika yang baru mengalami kesulitan pada pengalaman mengajar pertama mereka.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan pada saat atau akan pertama mengajar matematika.

# Masuk Kelas Tepat Waktu

Masuk kelas tepat pada waktunya merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh para guru pada pengalaman pertama mengajar mereka. Hal ini akan menimbulkan kesan yang baik bagi siswa, sehingga para siswa akan percaya dengan apa yang dikatakan guru di masa depan. Perlu diingat bahwa matematika mengajarkan tentang kedisiplinan. Bila diperlukan guru dapat meminta untuk melihat ruang kelas dimana dia akan mengajar pertama kali. Tujuannya adalah agar guru dapat mengenal situasi kelas lebih awal yang berkontribusi bagi perencanaan mengajar pertama.

# Perhatikan Denah Kelas

Hitung berapa jumlah siswa dengan mendapatkan lebih awal informasi tentang siswa. Perhatikan pula denah tempat duduk di kelas anda. Begitu masuk kelas, panggil nama siswa di buku absen, lalu memberikan pandangan langsung ke tempat duduk dimana siswa dipanggil.  Hal ini akan menimbulkan kesan kesiapan guru dalam mengajar.

# Menyebutkan Nama Siswa dengan Tepat

Jika akan memanggil nama siswa, bermodalkan denah kelas, sang guru bisa menunjuk atau mendekati siswa sembari menyebut namanya. Efeknya aadalah siswa akan takjub, bagaimana pada tatap muka pertama seorang guru bisa tahu persis nama siswa.

# Mengendalikan kelas sejak pertemuan awal dengan perkenalan yang berkesan.

Tidak kenal, maka tak sayang. Begitulah bunyi peribahasa. Perkenalan awal yang berkesan akan memberikan pemahaman kepada siswa mengenai karakter guru yang sebenarnya. Tunjukkan dalam perkenalan bahwa anda adalah orang yang tegas. Ceritakanlah tokoh-tokoh matematika yang berhasil di jamannya agar siswa termotivasi untuk belajar. Berikanlah guyonan-guyonan yang membuat siswa terlena dan tidak memikirkan matematika yang sulit. Pokoknya, adalah bahwa guru mengambil waktu awal ini dengan perkenalan diri dan mengenal siswa yang akan diajarkan.

# Mengajar materi awal dengan percaya diri dan menunjukkan bahwa matematika terlihat sangat mudah

Matematika memang sulit. Tetapi keterampilan guru membawa pengalaman siswa ke kelas yang ada hubungannya dengan matematika akan membuat siswa merasa bahwa matematika adalah apa yang ada dalam kehidupan mereka. Lakukan permainan permainan dalam apersepsi dan berikan alasan mengapa materi yang diajarkan penting dipelajari.

Cara lain yang dilakukan guru adalah menyiapkan material-material manipulatif yang relevan dengan materi pertama yang diajarkan. Karena waktu akan tersita dengan perkenalan,gunakan virtual manipulatif yang membuat siswa terkesan dan termotivasi untuk mengikuti pelajaran-pelajaran selanjutnya.

Tentu saja ini hanyalah beberapa hal yang mesti dilakukan guru baru ketika awal mengajarkan matematika. Semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Comments
0 Comments

0 Response to "Bagi Guru Baru, Lakukan Beberapa Hal Berikut ini ketika pertama kali mengajar Matematika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel