Inilah Alasannya Mengapa Aljabar Perlu Dipelajari ?

Inilah Alasannya Mengapa Aljabar Perlu Dipelajari ? Apakah Anda menyukai matematika? Atau apakah bilangan-bilangan yang terpaksa anda gunakan dianggap sebagai kutukan terhadap anda? Tidak peduli apakah orang senang  matematika atau tidak, matematika jelas merupakan subjek yang penting untuk dipelajari. Lagipula, bagaimana kita akan membeli makanan di toko kelontong, memasaknya, dan kemudian membaginya di antara anggota keluarga kita tanpa mengetahui dasar-dasar matematika?

Sebagian besar dari kita memulai perjalanan matematis ketika kita mempelajari fakta-fakta dasar penjumlahan, selanjutnya beralih ke pengurangan. Setelah kita menguasai penjumlahan dan pengurangan, kita sedikit maju mempelajari perkalian dan pembagian. Cepat atau lambat, kita semua mencapai titik di mana kita membuat semacam "lompatan" ke matematika yang lebih tinggi. Apa itu? Tentu saja Aljabar!

Sebagian orang menyebut aljabar sebagai titik di mana huruf mulai terlibat dalam matematika. Aljabar adalah bidang  matematika lanjutan yang melibatkan studi lambang matematika dan aturan untuk memanipulasi lambang-lambang  tersebut. Aljabar membentuk dasar untuk studi lanjutan di berbagai bidang, termasuk matematika sendiri, sains, teknik, kedokteran, dan ekonomi.

Dalam bentuk yang paling sederhana, aljabar melibatkan penggunaan persamaan untuk menemukan nilai dari variabel yang tidak diketahui. Masalah kehidupan di dunia  nyata mungkin memacu perkembangan aljabar, yang sudah ada sejak lebih dari 4.000 tahun pada masyarakat  Babel kuno.(Untuk memahami konsepsi tentang aljabar ada baiknya membaca tulisan: Beberapa Pengertian atau Konsepsi tentang Aljabar)

Sebagai contoh, sebuah gerobak yang isinya jerami, jika gerobak tersebut terbalik di jalan dan tersisa enam gulungan jerami jatuh. Berapa banyak bal jerami yang ada pada mulanya di gerobak jika yang tersisa setelah terbalik tersebut adalah 10 bal jerami? Persamaan : x - 6 = 10 akan mewakili persamaan aljabar sederhana untuk menjawab pertanyaan ini. Dalam persamaan ini, x mewakili sesuatu yang tidak diketahui (berapa banyak bal jerami di gerobak di awal) dan sama dengan 16 ketika persamaan diselesaikan dengan menambahkan 6 pada setiap sisi persamaan.

Aljabar menjadi jauh lebih rumit daripada sekedar  persamaan sederhanadi atas, membuat banyak orang bertanya alasan untuk menggunakan aljabar dalam kehidupan nyata di masa depan. 

Apakah ada gunanya? Jika tidak, mengapa harus mempelajarinya?

Aljabar merupakan dasar untuk belajar matematika di tingkat kelas dan tingkat sekolah yang lebih tinggi. Selain itu,  banyak mata pelajaran lain yang akan dipelajari ketika seseorang (khususnya siswa) akan melanjutkan ke sekolah menengah dan kemudian kuliah. Belajar aljabar membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, termasuk pemecahan masalah, logika, pola, dan penalaran deduktif dan induktif. 

Banyak profesi, terutama di bidang sains dan matematika, membutuhkan pengetahuan aljabar yang luas. Bahkan jika kita tidak masuk ke salah satu bidang yang disebutkan, kita mungkin akan menggunakan aljabar tanpa kita sempat  menyadarinya!

Pertimbangkan contoh-contoh berikut ini:

Jika kita ingin memasang layanan internet di rumah misalnya. Untuk membeli layanan internet di Perusahaan A misalnya memerlukan biaya awal sebesar $10 dan beban biaya bulanan $25. Perusahaan B misalnya tidak membebankan biaya awal tetapi beban biaya bulanan sebesar $26. Perusahaan mana yang lebih murah untuk layanan internet selama satu tahun? Kita bisa memutuskannya dengan terlebih dahulu menghitung total biaya untuk:

Perusahaan A: x = $ 10 + $ 25 * 12 (bulan dalam setahun), yaitu sebesar $ 310.
Perusahaan B adalah x = $ 26 * 12, yang totalnya $ 312.

Jika melihat secara gamblang tanpa proses menghitung, kelihatannya Perusahaan B akan lebih murah, karena mereka tidak membebankan biaya awal, tetapi aljabar menunjukkan kepada kita secara berbeda untuk mengambil keputusan yang penting !

Contoh masalah lainnya. Harga gas per galon adalah $ 3 dan kita hanya memiliki uang sebanyak $ 25 untuk dibelanjakan. Berapa banyak gas yang bisa kita beli? Ini dapat dijawab dengan persamaan aljabar, 3x = 25. Kita harus membagi setiap sisi persamaan dengan 3 untuk mendapatkan nilai dari  x. Dalam persamaan ini, x sama dengan 25 dibagi dengan 3, yaitu 8.33 galon gas. Jika kita membutuhkan 10 galon gas, berapa banyak uang yang kita butuhkan? Ketika kita dapat  memecahkan persamaan itu artinya persoalan di atas maka seharusnya kita berterima kasih pada aljabar!



Ada banyak contoh lain dari penggunaan aljabar di dunia nyata, mulai dari membandingkan harga produk sejenis di toko kelontong, hingga mencari tahu jam berapa kita harus meninggalkan rumah untuk bertemu teman di kota tepat waktu. Jika sebagian besar kita pernah bertanya-tanya mengapa perlu mempelajari  aljabar, tulisan ini membuka wawasan kita bahwa matematika dalam hal ini aljabar sangat bermanfaat untuk dipelajari walau kadang kita pernah melakukan manipulasi aljabar sederhana untuk persoalan sederhana. Semoga bermanfaat.