Cara Mudah Memperkenalkan Bilangan Negatif Kepada Anak-Anak

Cara Mudah Memperkenalkan Bilangan Negatif Kepada Anak-Anak

Konsep bilangan negatif telah terbukti sulit bagi anak-anak sehingga bisa saja guru atau siapapun sulit menjelaskan konsep tersebut pada mereka. Hal ini bukan tanpa sebab bawaan dari bilangan negatif itu sendiri. Dari sudut pandang seorang anak, tidak ada contoh konkrit yang menggambarkan bilangan-bilangan negatif yang secara alami ditemukan dalam kehidupan ini.

Berbeda dengan bilangan positif. Bilangan positif mulai diperkenalkan dengan bilangan cacah yang menggambarkan bilangan kardinal dari sebuah himpunan. 3 kambing, 2 pensil, 10 permen merupakan hal yang nyata bagi anak anak sehingga bilangan positif bukan merupakan masalah bagi mereka.

Jadi, guru perlu menyadari bahwa anak-anak perlu banyak waktu untuk dapat memahami bilangan negatif. Seiring datangnya waktu, anak-anak akan sedikit-demi sedikit membuat koneksi ke bilangan negatif.

Kadang-kadang guru berpikir bahwa temperatur di bawah nol, konsep berhutang, bangunan di bawah latai 1 dan lain-lain adalah contoh dari bilangan negatif. Padahal contoh-contoh tersebut adalah hasil konstruksi dan kadang merupakan gagasan yang abstrak juga.

Tentu saja, untuk memberikan contoh konsep diperlukan contoh-contoh nyata bukan hal lain yang juga abstrak. Anak-anak harus didorong untuk memikirkan contoh negativitas mereka sendiri. Konsep seperti mundur dan ke depan, naik dan turun, memberi dan menerima, panas dan dingin, harus dieksplorasi guna memberikan kesadaran negativitas kepada anak-anak.

Mengapa Model Garis Bilangan berguna bagi penanaman konsep negatif ?

Ada beberapa model matematika yang digunakan untuk memperkenalkan angka negatif pada anak-anak tetapi yang paling umum digunakan adalah garis bilangan.  Karena garis bilangan adalah komponen satu dimensi dari sistem koordinat Cartesian, maka akhirnya harus dimodelkan secara horizontal dan vertikal, dan karena sumbu x dan y 'dari sistem Cartesian berjalan dari kiri ke kanan dan ke bawah ke atas masing-masing, garis bilangan harus disajikan dengan cara ini juga.

Koneksi kemudian dapat dilakukan antara garis bilangan, bilangan negatif dan termometer, lift, dan lain-lain.

Berikut ini adalah cara memperkelalkan bilangan negatif kepada anak-anak menggunakan model yang berhubungan dengan garis bilangan. Gagasan ini berasal dari Denise Gaskins (kunjungi blognya di DENISE GASKINS' LET'S PLAY MATH).



Model garis bilangan adalah model yang abstrak. Oleh karenanya, pohon pada gambar di atas lengkap dengan akarnya dan garis bilangan di sebelah kiri adalah proses konstruksi untuk menggambarkan nilai-nilai (bilangan) di atas nol sebagai bilangan positif dan di bawah nol yang berisi bilangan negatif.

Sementara pohon yang tumbang dan tercerabut akarnya akan berguna bagi translasi pemahaman dari bilangan negatif yang vertikal (tegak) ke horisontal yang melahirkan konstruksi model maju mundur, kiri kanan dan lain-lain.

 Manipulatif

Cara lain untuk mengajarkan angka negatif adalah dengan satu set manipulatif yang terlihat seperti tanda-tanda kecil plus dan minus. Saya sarankan untuk membaca artikel saya yang lain yang cocok untuk penggunaan  manipulatif dalam memperkenalkan bilangan negatif. Cara ini dapat dibaca pada artikel : Mengembangkan Pemahaman Operasi Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Koin bertanda (+) dan ( - ) di sini.