Masalah Dokumentasi Selalu Bikin Galau di Januari

Masalah Dokumentasi Selalu  Bikin Galau di Januari -  Galau!!. itulah frasa yang digunakan untuk melukiskan perasaan admin SolusimatikaSD saat menjalani bulan Januari dan Februari setiap Tahun. Betapa tidak bulan-bulan ini merupakan waktu dimana admin harus melaporkan Sasaran Kinerja dan Capaian selama satu tahun bekerja kepada Institusi dan Juga Laporan BKD (Beban Kerja Dosen) kepada Lembaga Layanan Dikti di Denpasar.
Mahasiswa Sedang Mengerjakan Prakarya Kerajinan Tempurung
Kegalauan ini diperparah dengan pelaksanaan kegiatan lain seperti koreksi hasil ujian dan pengelolaan nilai Semester Ganjil yang deadline dalam waktu bersamaan dengan SKP dan BKD.


Sebetulnya, hal-hal yang dilaporkan dalam SKP dan BKD persis sama dan sudah menjadi rutinitas saya. Sebagai dosen, admin dituntut melakukan tridarma Perguruan Tinggi, yang terdiri dari Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kegiatan Penunjang. Pelaksanaan Tri Dharma ini wajib dilaporkan setiap tahun apalagi bagi bagi dosen yang telah menerima tunjangan sertifikasi. Admin sendiri sudah lulus sertifikasi dosen Tahun 2014 dan telah menerima tunjangan sertifikasi sejak Tahun 2015.

Ada satu hal penyebab galau adalah keteledoran admin sendiri dalam mengarsipkan dokumen-dokumen sebagai sebagai bukti yang akan dilampirkan dalam SKP dan BKD. Dokumen-dokumen lampiran SKP dan BKD setiap tahun juga masih digunakan untuk urusan lain yang berhubungan dengan karir.  Pengurusan Jabatan Fungsional Dosen membutuhkan dokumen-dokumen bukti pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Begitupun Mengurus Kenaikan Berkala di Institusi selalu diminta dokumen-dokumen Tridarma PT.

Singkatnya, Jenjang Karir Dosen di Perguruan Tinggi sangat didukung oleh kemampuan mendokumentasikan atau mengarsipkan bukti-bukti pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Belum lagi, semua dokumen harus diserahkan dalam bentuk hardcopy dan softcopy. Bisa dibayangkan bagaimana repotnya memindai/scan ribuan halaman dokumen bukti tridarma PT.

Walaupun galau, semester ini admin merasa lega karena komponen penelitian dan pengabdian masyarakat dapat terpenuhi. Lebih mudah mencari kembali dokumen bukti yang tercecer ketimbang tidak punya bukti pelaksanaan Tri Dharma sama sekali. Syukurlah bahwa artikel hasil penelitian berhubungan dengan pendidikan matematika realistik dapat diterbitkan pada sebuah jurnal di Universitas Muria Kudus yaitu Refleksi Edukatika 9(1).

Untuk Kegiatan Pengabdian Masyarakat admin sendiri ikut secara berkelompok bersama mahasiswa di sebuah SD di Ende, NTT.

Akhirnya, selamat menikmati kesibukan di Januari. Bagi teman-teman dosen muda yang belum menikah, sempatkan diri menengok sang kekasih (kalau ada) agar jangan sampai karena kesibukan, "Cinta Anda Bisa Berakhir di Januari" seperti lagu judulnya apa ya, lupa !! Gue lanjutin kerja dulu ya...

Post a Comment for "Masalah Dokumentasi Selalu Bikin Galau di Januari"