Kiat Khusus dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Kiat Khusus dalam  Menyelesaikan Masalah Matematika- Pada postingan sebelumnya tentang Kiat Umum untuk dapat Sukses Mempelajari Matematika telah dipaparkan kebiasaan-kebiasaan positif yang mesti dilakukan oleh seorang pelajar agar dapat menguasai matematika dan mata pelajaran lainnya.  Pada postingan kali ini saya akan membagikan kiat-kiat khusus untuk mempelajari matematika terutama dalam menyelesaikan masalah-masalah matematika.

Mengapa saya menuliskan artikel kiat khusus Menyelesaikan Masalah Matematika ? Jawabannya adalah banyak orang yang menanyakan di mbah google sebagai berikut :Cara Pintar Matematika Tanpa Belajar. Masa iya sih orang mau pintar tanpa belajar ! Mungkin maksud mereka adalah Cara Pintar Belajar Matematika Tanpa Terlalu Banyak Waktu untuk Belajar :-).

Matematika sangat terkait erat dengan penyelesaian masalah kehidupan. kemampuan ini dilatih dalam pembelajaran matematika baik di SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi. Banyak orang yang gagal menguasai konsep matematika dan gagal menyelesaikan masalah matematika terkait konsep matematika tertentu (Baca juga: Ini dia 7 Tips untuk Menyelesaikan Masalah Matematika ). Hal ini disebabkan oleh banyak hal misalnya tidak memahami masalah dengan baik sehingga gagal untuk menemukan alat penyelesaian masalah (konsep matematika) untuk masalah tersebut. Berikut ini beberapa kiat sederhana yang penting dan menentukan kesuksesan seseorang mempelajari matematika.

1. Selalu berusaha memahami masalah matematika yang ditemukan dengan saksama

Matematika akan selalu dan selalu tentang penyelesaian masalah. Oleh karenanya, untuk menyelesaikan masalah dibutuhkan pemahaman masalah secara komprehensif.  Jika terlalu buru-buru menuju tahap penyelesaian masalah, kemungkinan besar akan salah dalam memahami apa yang benar-benar perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah.

2. Buatlah diagram untuk memvisualisasikan masalah yang akan dicarikan solusinya

Salah satu cara untuk memvisualisasikan masalah adalah dengan membuat diagram. Meskipun mungkin dapat memvisualisasikan situasi masalah secara mental, diagram yang digambar tangan akan memungkinkan kita untuk memberi label pada gambar, untuk menambahkan garis tambahan, dan untuk melihat situasi dari perspektif yang berbeda.

3. Kenalilah Informasi Penting dari Masalah guna kepentingan Penyelesaian Masalah

Jika menghadapi masalah matematika, kadang-kadang kita mendapatkan banyak informasi dari masalah tersebut. Kadang-kadang informasi penting untuk menyelesaikan masalah tidak ditemukan dalam masalah, sementara banyak informasi dalam masalah yang tidak relevan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kepekaan dalam menggali informasi penting untuk penyelesaian masalah dan ketrampilan matematika seperti  diuji  untuk mengenali informasi yang dibutuhkan guna penyelesaian masalah.

4. Percaya diri dalam menyelesaikan Masalah Matematika

Salah satu hal penting yang sering dilupakan adalah rasa percaya diri.  Dalam menyelesaikan masalah matematika, kita harus fokus pada apa yang diketahui, bukan pada apa yang tidak diketahui.
Ketika kita harus menyelesaikan banyak masalah (soal) matematika dan jika sulit pada masalah tertentu, lanjutkan dengan msalah lainnya. Seringkali, ketika memecahkan masalah baru, kita akan mendapatkan ide tentang cara menyelesaikan  masalah yang telah sengaja dilewati.

Itulah kiat dalam belajar matematika terutama bagaimana menyelesaikan soal-soal matematika.

Post a Comment for "Kiat Khusus dalam Menyelesaikan Masalah Matematika"