Penggunaan Garis Bilangan Kosong Untuk Memperkenalkan Konsep dan Menyelesaikan Masalah Perkalian dan Pembagian - Pada Artikel sebelumnya, telah dijelaskan tentang Garis Bilangan Kosong dan Penggunaan Garis Bilangan Kosong untuk memperkenalkan Konsep penjumlahan dan Pengurangan. Sebelum membaca artikel ini, saya anjurkan agar pembaca terlebih dahulu membaca dua artikel saya yang lain yaitu: Penggunaan Garis Bilangan Kosong Untuk Membantu Siswa Memecahkan Masalah Sehari-Hari dan Mengenal Garis Bilangan Kosong (Empty Number Line) dan Penggunaannya.
Berikut ini adalah bagaimana Garis Bilangan Kosong Untuk Memperkenalkan Konsep dan Menyelesaikan Masalah Perkalian dan Pembagian.
Berikut ini adalah bagaimana Garis Bilangan Kosong Untuk Memperkenalkan Konsep dan Menyelesaikan Masalah Perkalian dan Pembagian.
Garis Bilangan Kosong: Perkalian
Sebagai contoh, pertama-tama akan ditunjukan bagaimana menggunakan garis bilangan kosong untuk menghitung perkalian 19 x 4. Seperti diketahui bahwa 20 merupakan bilangan yang mudah diingat dan lebih besar dari 19. Untuk menghitung 19x4
Anda dapat melakukan 4 lompatan 20an sampai 80 kemudian membuat lompatan mundur sebanyak 4 menuju 76. Dengan mudah anda dapat memperoleh 19 x 4 = 76. Tentu saja dengan cara yang sama anda dapat dengan mudah menggunakan cara ini dengan mengalikan 20 dan menyesuaikannya secara mudah untuk menyelesaikan perkalian 21 x 6; 19 x 8; 21 x 4. Cara yang sama juga dapat anda gunakan untuk menghitung kelipatan 29 dan 31.
Anda dapat melakukan 4 lompatan 20an sampai 80 kemudian membuat lompatan mundur sebanyak 4 menuju 76. Dengan mudah anda dapat memperoleh 19 x 4 = 76. Tentu saja dengan cara yang sama anda dapat dengan mudah menggunakan cara ini dengan mengalikan 20 dan menyesuaikannya secara mudah untuk menyelesaikan perkalian 21 x 6; 19 x 8; 21 x 4. Cara yang sama juga dapat anda gunakan untuk menghitung kelipatan 29 dan 31.
Garis Bilangan Kosong: Pembagian
Sebagai contoh Pembagian (2 angka dengan 1 angka) 6 kue akan dimasukan dalam kotak. Berapa banyak
kotak yang dibutuhkan untuk diisi dengan 85 kue? Masalahnya adalah bagaimana mengetahui dengan cepat banyaknya enaman yang dapat dihasilkan oleh 85. Jika anda secara bertahap menghitung enaman yang dapat dihasilkan dari 85 akan menjadi tidak efisien.
Untuk mengatasi masalah ini kita
perlu mencari tahu berapa banyak 28 coklat yang dapat diambil dari 350 coklat.
Kita bisa
berpikir tentang 'mudah' bahwa potongan 28 seperti 28 x 10 (280). Pertama 10
potongan 28 (280) ditambahkan kemudian dua 'potongan' 28 (56)
ditambahkan secara mental untuk meninggalkan 14 coklat. Ini tidak cukup
untuk mengisi kotak lebih lanjut sehingga 12 kotak dapat diisi.
Beri
kesempatan yang berkelanjutan kepada siswa untuk menggunakan garis bilangan
kosong dan biasakan siswa untuk mulai memecahkan masalah secara mental dengan menggambarkan
garis bilangan kosong di kepala mereka. Penggunaan garis bilangan kosong secara reguler meningkatkan
keyakinan siswa dalam kemampuan mereka untuk menggunakan bilangan secara
fleksibel dan mengarah lebih mudah menuju perhitungan mental tanpa
melakukan cakaran di kertas.