Mengembangkan Pemahaman Operasi Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Koin bertanda (+) dan ( - )

Mengembangkan Pemahaman Operasi  Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Koin bertanda (+) dan ( - )-Disadari atau tidak, sebetulnya konsep bilangan bulat merupakan salah satu konsep yang sangat sulit bagi anak-anak usia sekolah dasar. Padahal, pengalaman sehari-hari anak-anak terkait bilangan bulat sangat banyak. Namun anak-anak sulit sekali memahami materi ini.

Pada artikel kali ini akan dipaparkan tentang bagaimana mengembangkan pemahaman anak-anak tentang operasi pengurangan bilangan bulat menggunakan Koin atau chip bertanda + (positif) dan chip bertanda - (negatif). Sifat penjumlahan bilangan bulat yang digunakan dalam penggunaan koin bertanda ini adalah bahwa: (1) setiap bilangan bulat memiliki lawan dan (2) penjumlahan bilangan bulat dengan lawannya menghasilkan nilai nol. Artinya setiap pasangan koin + dan koin - akan bernilai nol.
Gambar Koin untuk menunjukkan 1+ (-1)=0


 Gambar Koin untuk menunjukkan 2+ (-2)=0

Berdasarkan peragaan sifat di atas menggunakan koin bertanda, maka di bawah ini akan ditunjukkan peragaan pengurangan bilangan bulat menggunakan koin atau chip bertanda positif dan negatif. Misalkan akan diperagakan operasi pengurangan di bawah ini:7 - 4, 3 - 5, 5 - (–3), –3 - (–4), -5 - 2

Sebelum membahas pengurangan bilangan bulat menggunakan koin bertanda di atas, mari kita ingat beberapa konsep. Pertama, kita tahu bahwa bilangan  apapun jika ditambahkan dengan 0 sama dengan bilangan itu sendiri. Atau,  jika n + 0 = n untuk angka berapa pun n. Oleh karenanya,  jika kita menambahkan sejumlah koin bertanda positif dan negatif yang sama ke n, maka nilai n akan tetap. Prinsip inilah yang dipakai untuk operasi pengurangan di atas.

Secara umum, operasi pengurangan dapat dianggap sebagai "mengambil  sejumlah koin  baik positif maupun negatif. Misalnya mengurangi 3 koin positif berarti mengambil 3 koin bertanda + (yaitu bilangan 3) dan jika mengambil 3 koin negatif atau mengurangi 3 koin negatif berarti mengambil 3 buah koin bertanda - (yaitu bilangan -3)

Kasus 1: 7 -4


Penyelesaian  untuk kasus 1 sangat jelas. 7 - 4 sama dengan 3. Jika menggunakan koin bertanda, maka dapat dijelaskan: Misalkan kita memiliki 7 koin positif dan kita ingin mengambil 3 koin  positif. Jadi, jawabannya adalah 3koin positif sehingga, 7 - 3 = 4.


Kasus 2: 3 - 5

Dalam masalah kedua, misalkan kita memiliki tiga koin positif, dan kami ingin mengambil 5 koin positif. Tentu saja tidak bisa mengambil 5 koin karena hanya tersedia tiga koin positif.

Dalam A (dalam gambar kedua), kita memerlukan 5koin positif  sehingga kita dapat menambahkan 2 koin positif agar bisa diambil 5 koin positif, tetapi itu akan mengubah jumlah koin asli menjadi 5. Untuk mengatasi masalah ini, kita hanya perlu menambahkan dua koin  negatif untuk membatalkan 2 koin positif  yang telah kita tambahkan.



Perhatikan bahwa kita menambahkan koin 2 dan menambahkan –2, yang berarti bahwa kita menambahkan 0. Dalam B, kita mewakili 3 dengan koin 5 dan –2. Sekarang, kita dapat mengambil 5 koin  dan -2 tetap.oleh karena itu, 3 - 5 = –2.

Kasus 3: 5 - (–3)

Dalam kasus ketiga, misalkan kita memiliki 5 koin positif, dan kita ingin mengambil 3 koin negatif. Jadi kita tidak memiliki 3 buah koin negatif. Sama seperti pada contoh di atas kita menambahkan masing masing tiga buah koin positif dan negatif  yang berarti kita  hanya menambahkan 0 yang diwakili oleh 3 koin positif dan 3 koin negatif. Oleh karena itu 5 - (–3) = 8



Kasus 4: –3 - (–4)

Dalam A, kita memiliki 3 koin negatif dan kita ingin mengambil 4 koin negatif, jadi kita menambahkan 1 koin negatif dan 1 koin positif yang sama saja  dengan menambahkan 0. Di B, kita sudah memiliki empat koin negatif dan 1 koin positif; kita mengambil empat koin negatif dan  tinggal tersisa 1 koin positif. Oleh karena itu, –3 - (–4) = 1


Kasus 5: -5 - 2
Di A, kita memiliki 5 koin negatif dan kita ingin mengambil 2 koin  positif. Jadi kita menambahkan 0 yang diwakili oleh  2 koin positif dan 2 koin  negatif. Di B,kita  memiliki 7 koin negatif dan 2 koin positif. Kami mengambil  2 koin positif sehingga tersisa 7 koin negatif. oleh karena itu, –5 - 2 = –7

 
Demikianlah cara memperagakan penngurangan bilangan bulat menggunakan koin bertanda positif dan negatif.

(Sumber gambar di atas berasal dari : mathandmultimedia.com)

Semoga bermanfaat.
loading...

Ingin Tulisan terbaru saya langsung masuk ke email anda ? Silahkan masukan email anda:

0 Response to "Mengembangkan Pemahaman Operasi Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Koin bertanda (+) dan ( - )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel