Matematika SD Kelas 1
Kegiatan bermatematika di SD kelas satu lebih pada kesempatan yang lebih besar bagi anak-anak untuk bersenang-senang dan pada saat yang sama anak-anak mendapatkan pengetahuan terkait bilangan dasar dan keterampilan berhitung.
Anak-anak dapat menikmati berlatih keterampilan matematika tanpa terkungkung dalam ruangan atau anak belajar dalam lingkungan yang penuh warna dan menyenangkan. Konsep Merdeka Belajar mendikbud Nadiem Makarim harus diimplementasikan pada pembelajaran matematika di SD Kelas I.
Materi pelajaran disajikan dalam bentuk bertingkat. Kata kata baru atau simbol baru diperkenalkan pada tahap yang tepat dalam metode bermain yang lebih banyak melibatkan anak secara fisik, emosional dan kognisi. Di usia kelas I (6-7 Tahun), guru perlu mempertimbangkan kematangan mental dan tingkat kesulitan masing-masing anak di semua tahap ketika memperkenalkan konsep yang berbeda dalam praktik bermatematika.
Guru harus lebih banyak memberikan contoh yang bermuara pada pemecahan masalah matematika. Hal ini difasilitasi dengan lembar kerja praktik bermatematika yang berisi pertanyaan yang dipilih dengan cermat sehingga anak melakukan perhitungan matematika baik secara lisan lisan / mental dengan mudah dan cepat. Agar matematika dirasa sebagai subjek yang menarik bagi anak-anak, soal/pertanyaan diberikan misalnya dalam bentuk teka-teki bilangan atau teka-teki silang atau cerita bilangan.
Dalam rencana pelajaran matematika di kelas 1 Sekolah Dasar siswa juga diperkenalkan bilangan yang lebih besar; bilangan yang lebih kecil; sebelum, sesudah dan di antara bilangan; bilangan yang disusun dalam urutan naik atau turun; bentuk bilangan yang diperluas; penjumlahan dalam bentuk garis bilangan; pengurangan pada garis bilangan; penambahan puluhan dan satu; menyusun bilangan puluhan menjadi puluhan dan satuan; ; berlatih dan belajar tabel perkalian 2, 3, 4, 5; perkalian tanpa pengelompokan; pengelompokan; pembagian; satuan waktu; satuan panjang; satuan berat; angka ajaib; bilangan genap dan ganjil serta pola bilangan. Berikut rincian materi selengkapnya selama kelas 1.
A. membilang dan menyebutkan banyak benda
B. membaca dan menulis lambang bilangan 1 sampai dengan 10
C. membandingkan kumpulan benda
D. membaca lambang bilangan 11 sampai dengan 20
E. mengurutkan banyak benda
F. menyusun bilangan dari terkecil atau terbesar
Dalam rencana pelajaran matematika di kelas 1 Sekolah Dasar siswa juga diperkenalkan bilangan yang lebih besar; bilangan yang lebih kecil; sebelum, sesudah dan di antara bilangan; bilangan yang disusun dalam urutan naik atau turun; bentuk bilangan yang diperluas; penjumlahan dalam bentuk garis bilangan; pengurangan pada garis bilangan; penambahan puluhan dan satu; menyusun bilangan puluhan menjadi puluhan dan satuan; ; berlatih dan belajar tabel perkalian 2, 3, 4, 5; perkalian tanpa pengelompokan; pengelompokan; pembagian; satuan waktu; satuan panjang; satuan berat; angka ajaib; bilangan genap dan ganjil serta pola bilangan. Berikut rincian materi selengkapnya selama kelas 1.
Nilai Tempat (Place Value)
Bab 1 Bilangan Cacah dan LambangnyaA. membilang dan menyebutkan banyak benda
B. membaca dan menulis lambang bilangan 1 sampai dengan 10
C. membandingkan kumpulan benda
D. membaca lambang bilangan 11 sampai dengan 20
E. mengurutkan banyak benda
F. menyusun bilangan dari terkecil atau terbesar
Bab 2 Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan
A. membaca dan menggunakan simbol + – =
B. penjumlahan dua bilangan tanpa teknik menyimpan
C. penjumlahan tiga bilangan satu angka secara berurutan
D. pengurangan dua bilangan tanpa teknik meminjam
E. pengurangan tiga bilangan secara berurutan
F. mengenal bilangan 0 melalui pengurangan
G. soal cerita penjumlahan
H. soal cerita pengurangan
A. membaca dan menggunakan simbol + – =
B. penjumlahan dua bilangan tanpa teknik menyimpan
C. penjumlahan tiga bilangan satu angka secara berurutan
D. pengurangan dua bilangan tanpa teknik meminjam
E. pengurangan tiga bilangan secara berurutan
F. mengenal bilangan 0 melalui pengurangan
G. soal cerita penjumlahan
H. soal cerita pengurangan
Bab 3 Pengukuran
A. Waktu
B. Panjang
A. Waktu
B. Panjang
Bab 4 Bangun
A. mengenal bangun ruang
B. mengelompokkan sekumpulan benda
C. menentukan urutan benda benda ruang yang sejenis menurut besarnya
A. mengenal bangun ruang
B. mengelompokkan sekumpulan benda
C. menentukan urutan benda benda ruang yang sejenis menurut besarnya
Bab 5 Bilangan Cacah dan Lambangnya
A. membilang banyak benda
B. lambang bilangan
C. mengurutkan banyak benda
D. pengurutan bilangan
E. nilai tempat puluhan dan satuan
F. bentuk panjang suatu bilangan
A. membilang banyak benda
B. lambang bilangan
C. mengurutkan banyak benda
D. pengurutan bilangan
E. nilai tempat puluhan dan satuan
F. bentuk panjang suatu bilangan
Bab 6 Penjumlahan dan Pengurangan
A. penjumlahan dua bilangan
B. penjumlahan bilangan tanpa teknik menyimpan
C. pengurangan bilangan
D. sifat pertukaran dan pengelompokan pada penjumlahan
E. menyelesaikan soal cerita
B. penjumlahan bilangan tanpa teknik menyimpan
C. pengurangan bilangan
D. sifat pertukaran dan pengelompokan pada penjumlahan
E. menyelesaikan soal cerita
Bab 7 Pengukuran Berat
A. berat benda
B. perbandingan berat benda
A. berat benda
B. perbandingan berat benda
Bab 8 Bangun Datar Sederhana
A. jenis jenis bangun datar sederhana
A. jenis jenis bangun datar sederhana
B. pengelompokan bangun datar menurut bentuknya
Tentu saja semua topik yang dipelajari di kelas 1 SD ini ini lebih sederhana daripada topik yang sama di kelas yang lebih tinggi.
Post a Comment for "Matematika SD Kelas 1"