Ini dia 7 Tips untuk Menyelesaikan Masalah Matematika


Ini dia 7 Tips untuk Menyelesaikan Masalah Matematika It's not that I'm so smart, it's just that I stay with problems longer (Albert Einstein). Matematika adalah mata pelajaran yang menuntut setiap siswa harus belajar secara terus menerus. Sebenarnya, banyak orang yang menyukai matematika tetapi jika kita jujur, lebih orang yang benci belajar matematika. Banyak orang yang acuh tak acuh, menganggap bahwa toh tanpa matematika mereka bisa hidup. Bagi siswa apalagi yang berada di usia dini dan sekolah dasar matematika menjadi sangat penting untuk bisa melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi. Kebanyakan mata kuliah di universitas pasti akan memasukan kurikulum matematika pada kondisi dan tingkat tertentu. Selain itu, hampir setiap profesi menuntut penguasaan matematika karena orang yang masuk profesi tersebut menggunakan matematika dalam beberapa bentuk setiap hari.

Saya sangat percaya bahwa banyak siswa yang ingin belajar matematika namun mereka tidak tahu bagaimana untuk belajar matematika agar mendapatkan hasil yang baik. Matematika merupakan satu dari setiap mata pelajaran yang seharusnya dapat dipelajari dengan mudah kalau orang yang akan belajar matematika lebih bijaksana dalam belajar. Mungkin banyak orang yang mengalami ketika sudah banyak belajar sekian materi matematika namun tidak bisa menyelesaikan ujian matematika dengan baik. Padahal yang penting bagi kita adalah cukuplah belajar matematika yang berguna bagi diri kita masing masing. Dan apapun yang diujikan selalu berdasarkan ekpektasi akan materi yang seharusnya dikuasai oleh orang yang mengikuti ujian.

Inti dari belajar matematika sebenarnya adalah dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dimana permasalahan tersebut menuntut penggunaan matematika dan sering juga disebut permasalahan matematika. Tentu saja, bagi setiap orang akan menganggap suatu soal matematika menjadi masalah bagi dirinya sedangkan bagi yang lain menganggap soal tersebut bukan merupakan masalah. Seperti kutipan pada awal tulisan ini : "It’s not that I’am so smart, it’s just that I stay with problems longer” (Albert Einstein).

Kurang lebih catatan penting bagi kita adalah bahwa dalam hubungan dengan persoalan matematika, orang bisa menyelesaikan soal matematika bukan karena orang tersebut cerdas tetapi harus sering berlatih dalam menemukan solusi dari persoalan matematika. Artinya kedekatan dengan berbagai permasalahan matematika adalah hal penting agar dapat menyelesaikan persoalan-persoalan matematika.

Latihan, latihan dan terus latihan

Tidak mungkin kita dapat belajar matematika dengan baik dengan hanya membaca dan mendengarkan. Untuk mempelajari matematika kita harus berlatih secara kontinyu dan benar-benar memecahkan beberapa masalah matematika. Semakin sering berlatih menjawab masalah matematika, semakin baik. Setiap masalah memiliki karakteristik sendiri dan itu penting dan harus telah dipecahkan dengan berbagai cara sebelum misalnya menghadapi ujian. Agar berhasil dalam ujian misalnya, kita tidak dapat menghindar dari berlatih menyelesaikan berbagai soal agar dapat menghadapi ujian matematika dengan baik.

Selalu melihat kembali kesalahan penyelesaian masalah


Ketika berlatih menyelesaikan suatu masalah atau soal matematika, penting untuk bekerja secara bertahap untuk setiap tahap penyelesaian soal yang mungkin. Jika merasa telah membuat kesalahan, sedapat mungkin harus meninjau kembali kesalahan tersebut dan memahami di tahap mana membuat kesalahan. Belajar dari kesalahan merupakan salah satu cara untuk menjadi lebih baik dan menghindari kesalahan yang sama di masa depan.

Menguasai Konsep-Konsep Matematika yang Penting

Kesalahan utama kita dalam belajar matematika adalah mencoba untuk menghafal proses penyelesaian soal. Hal ini tentu sangat kontra-produktif. Akan jauh lebih baik dan bermanfaat untuk jangka panjang jika kita fokus pada pemahaman proses dan logika yang terlibat. Ini akan membantu kita memahami bagaimana seharusnya menyelesaikan masalah yang sama di masa depan. Perlu dingat bahwa Matematika adalah mata pelajaran berurutan dan hirarkis. Jadi penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep-konsep kunci yang mendukung topik matematika yang lain yang soal-soalnya memiliki solusi yang lebih kompleks yang didasarkan pada pemahaman konsep sebelumnya.

Memahami Keragu-raguan saat menyelesaikan soal-soal matematika


Kadang-kadang kita bisa terjebak dalam situasi dimana pada suatu topik dan merasa sulit untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Situasi ini sangat umum terjadi ketika kita melewati suatu soal dan ragu-ragu untuk melanjutkan ke soal atau permasalahan berikutnya. Cara paling baik adalah jika kita sudah menyelesaikan masalah atau soal dengan prosedur yang benar kita bisa meninggalkannya untuk menyelesaikan atau belajar menyelesaikan soal di topik yang lain.

Menciptakan Lingkungan Belajar yang Bebas dari Gangguan

Matematika adalah mata pelajaran yang membutuhkan konsentrasi lebih dari yang lain. Sebuah lingkungan belajar yang tepat dan bebas gangguan bisa menjadi faktor penentu ketika memecahkan persamaan yang kompleks atau masalah dalam geometri, aljabar atau trigonometri. Misalnya kita ingin menggunakan alunan musik dalam menemani kita untuk mengerjakan tugas atau belajar matematika, itu sah-sah saja. Belajar dengan musik dapat membantu menciptakan suasana santai dan merangsang aliran informasi dalam otak kita. Memilih jenis musik yang cocok dapat meningkatkan konsentrasi. Tentu saja, kita harus menghindari Pitbull dan Eminem, mungkin musik instrumental adalah hal terbaik saat belajar matematika.

Membuat Kamus Matematika

Matematika memiliki istilah yang spesifik dengan banyak kosa kata. Untuk itu kita perlu membuat catatan dengan semua konsep, istilah dan definisi yang perlu kita ketahui saat mempelajari suatu konsep. Hal ini penting dilakukan karena ketika kita lupa tentang berbagai terminologi yang berhubungan dengan topik yang kita pelajari, maka kita akan membutuhhkan catatan-catatan penting tersebut.

Berlatih menyelesaikan soal-soal dunia nyata yang berhubungan dengan matematika.

Sedapat mungkin, cobalah untuk menerapkan matematika untuk menyelesaikan masalah di dunia nyata. Matematika memang sangat abstrak tetapi begitu sampai pada aplikasi praktis dapat membantu mengubah perspektif kita tentang matematika dan menerima perspektif perpektif tentang yang berbeda. Probabilitas, misalnya, dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk memprediksi hasil dari sesuatu yang terjadi dan menentukan apakah kita ingin mengambil risiko seperti apakah kita harus berbuat sesuatu yang dapat menguntungkan atau merugikan diri kita.

Demikianlah 7 Tips dalam menyelesaikan soal-soal atau permasalahan matematika. Semoga bermanfaat !

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Comments
0 Comments

0 Response to "Ini dia 7 Tips untuk Menyelesaikan Masalah Matematika "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel