Bagaimana Menemukan Nilai $\pi=3,14$ pada Keliling dan Luas Lingkaran ?

Bagaimana Menemukan Nilai $\pi=3,14$  pada Keliling dan Luas Lingkaran ? - Belajar matematika yang baik adalah belajar dengan mengerjakan (Learning by doing) dan melibatkan aktivitas berpikir. Belajar matematika dengan cara demikian dapat membuat apa yang dipelajari lebih bermakna dan bertahan lama sehingga tidak mudah dilupakan.
Gambar: Para mahasiswa Calon Guru SD sedang melakukan aktivitas untuk menemukan nilai $\pi=3,14$. Mereka menggunakan benda konkrit berbentuk lingkaran yang ditemukan di dapur rumah mereka.

Demikian juga dalam belajar luas dan keliling lingkaran. Ada satu fakta yang mesti kita ingat adalah phi yang nilainya sebesar 3,14. Pernahkah kita bertanya : " Mengapa Nilai $\pi$  sebesar 3,14 ? bagaimana proses menemukannya dalam konteks lingkaran ?

Nah, dalam  hubungannya dengan lingkaran, kita akrab dengan konteks-konteks yang berhubungan dengan lingkaran. Konteks dapur misalnya, kita mengenal benda-benda konkrit sebagai contoh konsep lingkaran seperti nyiru, mulut toles, permukaan magic jar, piring, mulut gelas, permukaan ember dll.

Kita (terutama anak-anak) sangat perlu untuk secara konstruktif merumuskan sendiri keliling lingkaran atau memahami sendiri mengapa nilai $\pi=3,14$  atau $\pi=\frac{22}{7}$. Demikian pun para calon guru terutama,  mesti dibentuk untuk terbiasa dengan mengkonstruksi sendiri konsep keliling dan menemukan nilai $\pi=3,14$ .

Berdasarkan definisi, keliling lingkaran adalah panjang garis lengkung yang membentuk lingkaran. Lingkaran merupakan jenis kurva tertutup sederhana. Keliling suatu lingkaran dapat kita ukur dengan memotong lingkaran di suatu titik, kemudian meluruskan lengkung lingkaran itu lalu kita ukur panjang garis lingkaran dengan mistar. Berdasarkan definisi ini, kita (siswa, calon guru, guru, pembaca) diminta melakukan praktik pengukuran keliling lingkaran dan memahami mengapa nilai $\pi=3,14$. Calon guru mempraktikan ini agar kelak mereka dapat mengajarkan atau memperkenalkan konsep keliling lingkaran pada siswa/i mereka.

Untuk menemukan nilai $\pi$, kita hanya mengukur keliling dan diameter dari barang-barang berbentuk lingkaran yang kita temukan dimana saja. Kegiatannya sederhana,  hanya perlu mengambil benda yang permukaanya berbentuk lingkaran bisa benda apa saja, menyediakan seutas tali atau pita atau benang.

Kita melilitkan tali tersebut mengelilingi tepi permukaan benda tadi sampai tali menutup semua tepi permukaannya dan ujung-ujung tali bertemu,mlepaskan tali dari tepi benda, mengukur panjang tali tersebut dengan mistar (hasil yang didapat adalah keliling lingkaran). Selanjutnya, kita juga perlu mengukur diameter dari masing-masing benda.

Dari proses di atas, akan diperoleh hasil pembagian Keliling dibagi diameter selalu sama. Nilai tersebut adalah 3,141592…… inilah selanjutnya disebut $\pi$  (dibaca phi). Jika dibulatkan dengan pendekatan diperoleh $\pi=3,14$ . Oleh karena $\pi=3,14$ , maka nilai $\pi$  juga dapat dinyatakan dengan $\pi=\frac{22}{7}$ .

Agar gambaran tentang bagaimana mendapatkan nilai $\pi=3,14$ lebih jelas, coba nonton video berikut.


Itulah jawaban mengapa nilai $\pi=3,14$ dan bagaimana menemukan nilai $\pi$. $\pi=3,14$ merupakan hasil dari Keliling dibagi diameter.

 Tonton juga video Lingkaran, $\pi$  dan Keliling Lingkaran.


Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa dishare ya...