Cara Mengajar Matematika di Sekolah Dasar

Cara Mengajar Matematika di Sekolah Dasar - Hari ini, setelah sekian lama blog ini terkesan tidak terurus. Saya sama sekali tidak berniat untuk meninggalkan blog ini, tapi karena kesibukan di bulan januari yang bikin galau dimana saya harus melaporkan BKD (Beban Kerja Dosen) sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap profesi saya.

Apa urusannya sama judul di atas ya ? hahaha...

Ok, kali ini saya ingin menulis tentang cara mengajar matematika di sekolah dasar. Kebetulan  minggu lalu membaca sebuah artikel, judul persisnya saya lupa tetapi intinya adalah bagaimana caranya untuk mengajar matematika untuk anak-anak usia sekolah dasar. Sebetulnya, di blog ini sudah banyak artikel yang membahas tentang ini, tetapi tulisan ini melengkapi apa yang telah ada.

Kita tahu, ada banyak masalah yang ada hubungannya dengan bagaimana mengembangkan pemahaman anak dalam bidang matematika. Salah satunya adalah masalah miskonsepsi yang terus dibawa anak anak sampai dewasa. Masalah miskonsepsi ini disebabkan karena banyak hal, salah satunya adalah pembelajaran matematika yang mengabaikan proses cenderung langsung menuju hasil akhir. ( Baca: Ada Pengabaian Proses Pemerolehan Pengetahuan Matematika di Sekolah Dasar)

Tidak ada ahli pendidikan matematika yang membantah bahwa kita dapat memprediksi keberhasilan anak dalam matematika di masa depan melalui pengetahuan, sikap dan ketrampilan matematika mereka ketika usia sekolah dasar.

Pada prinsipnya, guru harus merancang  berbagai kegiatan yang memungkinkan anak-anak untuk menggunakan dan mengembangkan keterampilan matematika,  mengembangkan logika dan keterampilan penalaran yang kuat sejak dini. 

Dalam  hubungannya dengan pengajaran keterampilan matematika untuk siswasekolah dasar harus dilakukan dengan menggunakan beberapa strategi pengajaran untuk mengoptimalkan pembelajaran siswa sebagai berikut:

Sumber gambar : Shutterstock

Libatkan siswa dalam kegiatan matematika seperti menyortir, mengatur, membuat pola, memetakan dan membuat gambar atau menggambar untuk menemukan jawaban atas masalah matematika. Berikan sumber daya yang berguna untuk meningkatkan kemampuan penemuan matematika.

Guru dapat menggunakan bahan Manipulative, Garis Bilangan, grafik, dan permainan serta memberikan siswa benda-benda nyata yang dapat mereka gunakan untuk menghubungkan berbagai  keterampilan matematika yang mereka miliki.

Perkenalkan suatu  konsep matematika dengan beberapa cara berbeda, misalnya mengajar langsung di kelas, membiarkan anak-anak bekerja berpasangan untuk menyelesaikan masalah, meminta mereka terlibat dalam permainan matematika atau kegiatan lain yang berkaitan dengan konsep tersebut.

Mintalah anak-anak menjelaskan proses berpikir mereka. Mintalah mereka menjelaskan dengan kata-kata mereka sendiri bagaimana mereka sampai pada jawaban, atau mereka dapat menunjukkan alasan mereka menggunakan manipulatif atau gambar. Untuk memahami terkait material manipulatif, saya anjurkan anda untuk membaca artikel-artikel berikut
Dorong anak-anak untuk membuat koneksi antara pengetahuan  matematika yang telah mereka tahu dan konsep yang baru dipelajari. 

Ajukan pertanyaan yang dapat membimbing anak-anak menuju penemuan  konsep matematika. Mintalah anak-anak memperkirakan jawaban berdasarkan pada apa yang mereka ketahui, kemudian mintalah mereka menyelesaikan masalah untuk mengetahui apakah mereka benar. Misalnya, dalam masalah pengurangan, mereka dapat memprediksi jawabannya akan lebih rendah dari angka teratas.

Dukung siswa dalam membangun keterampilan matematika dengan mendorong mereka untuk mengajukan pertanyaan dan menggunakan keterampilan penalaran.

Semoga langkah langkah inti dari cara mengajar matematika di sekolah dasar dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk pembaca.