Bagaimana Membantu Anak Belajar Fakta Fakta Dasar dalam Matematika ?

Bagaimana Membantu Anak Belajar Fakta Fakta Dasar Dalam  Matematika ? - Pengetahuan matematika adalah obyek matematika itu sendiri. Salah satu obyek matematika adalah fakta matematika. Fakta-fakta matematika adalah sesuatu yang telah dipahami dan harus diingat oleh anak-anak.

Seperti pada tulisan saya sebelumnya tentang beberapa fakta dasar operasi pada matematika di sekolah dasar yang terdiri dari fakta dasar penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Belum fakta-fata dasar lainnya. Fakta dasar matematika yang ada di sekolah dasar yang disebutkan tadi berupa kumpulan kombinasi dari bilangan-bilangan yang harus dihafalkan. Akan tetapi, fakta-fakta dasar tadi dapat dihafalkan manakala siswa sudah mengetahui konsep operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Agar dapat membantu anak atau siswa dalam belajar serta menghafalkan fakta-fakta dasar operasi aritmatika di sekolah dasar, guru atau calon guru perlu mengetahui cara mengajarkannya misalnya cara mengajarkan fakta dasar penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Demikian pun, sangat penting bagi para orangtua untuk membantu anak dalam memahami, mengingat atau menghafalkan fakta-fakta matematika.

Banyak yang bertanya, apakah belajar dengan menghafal fakta-fakta matematika sangat penting dan dianjurkan dalam pembelajaran matematika ? Jawabannya adalah penting bahwa anak-anak menemukan waktu untuk melatih fakta matematika  setiap hari dan  penting bahwa anak-anak menghafal fakta matematika sejak dini.

Dengan mengetahui dan menghafal fakta-fakta matematika, berguna bagi anak-anak mempersiapkan diri untuk materi matematika yang lebih sulit, seperti bidang matematika lainnya misalnya aljabar dan kalkulus.

Dengan menghafal fakta fakta dasar matematika sejak dini memungkinkan mereka memusatkan daya ingatan  yang berguna bagi pembelajaran keterampilan matematika yang lebih kompleks. Anak-anak dapat mengambil banyak langkah untuk menjadi lebih mahir  dengan fakta matematika yang telah mereka ketahui dan hafalkan.

Berikut ini adalah kiat-kiat bagi orangtua dalam membantu anak-anak Belajar Fakta-Fakta Dasar dalam matematika terutama Fakta Fakta Dasar Operasi Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian. Kiat ini juga dapat dimodifikasi oleh para guru guna pembelajaran fakta dasar matematika di sekolah.

1. Rencanakan bersama Fakta Matematika Apa yang Perlu Mereka Kuasai


Diskusikan dengan anak anak fakta matematika mana yang perlu mereka praktikkan. Saat memilih serangkaian fakta, pertimbangkan apa yang sedang dipelajari anak Anda dalam matematika dan bagaimana fakta matematika akan menguntungkan mereka. Putuskan untuk fokus pada fakta dasar penambahan, pengurangan, perkalian atau pembagian - dan berapa banyak fakta yang harus dipelajari anak Anda.

Sebelum memulai rejimen latihan, tulis tujuan fakta matematika apa yang akan dipelajari dengan anak Anda untuk menentukan hasil belajar yang diinginkan. Diskusikan dengan anak Anda berapa banyak fakta yang perlu mereka pelajari dan kerangka waktu yang masuk akal untuk mempelajarinya. Buat kontrak tujuan fakta-fakta matematika, dengan jelas mencantumkan tujuan dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya.

Sebelum memilih fakta matematika untuk dipelajari anak Anda, bicarakan dengan guru anak Anda tentang harapan tingkat kelas mereka. Cari tahu fakta matematika mana yang perlu dipelajari anak Anda agar berhasil di sekolah dan fokuskan belajar fakta-fakta itu terlebih dahulu.

2. Persiapkan Tempat dan Waktu yang sesuai fakta matematika yang akan dipelajari

Buat area latihan untuk tempat anak Anda bekerja, seperti meja dapur atau tempat yang tenang di kamar tidur anak Anda. Jika Anda kesulitan menemukan waktu sehari-hari untuk membantu anak Anda mempraktikkan fakta-fakta mereka, berlatihlah di dalam mobil ke dan dari sekolah atau kegiatan lainnya. Sebutkan fakta-fakta matematika dan mintalah jawaban anak Anda. Juga, nyanyikan lagu-lagu atau ucapkan sajak bersama anak Anda.

3. Persiapkan Alat-Alat Penunjang Belajar Fakta Matematika di dekat anak anda

Simpan alat latihan yang diperlukan di dekatnya, termasuk timer, lembar kerja latihan tercetak, papan permainan, komputer, pensil dan kartu flash.Permainan papan dan materi praktik fakta matematika lainnya dapat dibeli dari toko pendidikan atau mainan setempat. Atau buat game latihan menggunakan bahan yang Anda miliki di rumah misalnya permainan dadu dengan menggulirkan sepasang dadu dan menggunakan dua angka untuk membuat fakta matematika.


4. Pilih metode latihan yang tepat sesuai dengan gaya belajar anak


Sangat disarankan untuk mempertimbangkan gaya belajar anak Anda ketika memilih metode latihan. Beberapa anak suka bekerja dengan komputer, sementara yang lain senang menantang diri sendiri dengan papan permainan. Ada berbagai sumber daya baik yang dijual di pasaran  dan buatan sendiri untuk mempraktikkan fakta matematika.

5. Pertimbangkan Waktu untuk memberikan Tes untuk menguji Keberhasilan Latihan


Setelah beberapa hari latihan, mintalah anak Anda menyelesaikan tes waktunya. Untuk mengujinya, berikan anak Anda pensil dan lembar kerja. Mulai pewaktu dan catat berapa lama yang dibutuhkan anak Anda untuk menyelesaikan sejumlah masalah yang dipilih. Rekam semua hasil tes untuk memantau kesuksesan anak Anda. Seiring waktu, Anda akan melihat anak Anda menyelesaikan lembar kerja lebih cepat.

Ketika anak Anda telah menyelesaikan tujuan fakta matematika mereka, rayakan dengan suguhan istimewa. Penting untuk mengakui kerja keras dan usaha anak Anda. Dengan melakukan itu, anak Anda akan terus termotivasi untuk mencapai tujuan di masa depan.


6. Sedapat Mungkin Ajak anak anda untuk melakukan refleksi terhadap hasil tes yang diberikan

Meskipun anak Anda telah mempelajari serangkaian fakta matematika tertentu, jangan lupa untuk kembali dan mengulas. Tanpa ulasan harian, anak-anak bisa menjadi terus mengingat pada fakta-fakta mereka pelajari.

Post a Comment for " Bagaimana Membantu Anak Belajar Fakta Fakta Dasar dalam Matematika ?"