Klasifikasi Problem-Problem yang Terjadi Pada Pembelajaran Matematika di SD

Klasifikasi Problem-Problem yang Terjadi Pada Pembelajaran Matematika di SD - Masalah atau Problem Pembelajaran matematika di sekolah dasar sangat banyak. Permasalahan-permasalahan tersebut harus cepat dicari jalan keluarnya. Masalah pembelajaran di SD dapat diidentifikasi dengan melihat harapan harapan (yang sangat ideal) dengan kenyataan yang terjadi di lapangan.Kesenjangan inilah yang menjadi masalah pembelajaran matematika sekolah dasar.

  1. Bagaimana pembelajaran matematika berbasis karakter di SD?
  2. Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika di SD?
  3. Apakah pembelajaran matematika mampu membentuk karakter siswa SD ?
  4. Bagaimana membentuk pemahaman relasional dan meminimalisir pemahaman instrumental pada siswa dan guru SD?
  5. Bagaimana mengimplementasikan metode penemuan secara baik pada pembelajaran matematika di SD?
  6. Bagaimana guru mampu memfasilitasi agar siswa mampu belajar matematika dengan baik khususnya dalam mengembangkan kemampuan berpikir matematis?
  7. Bagaimana Menjembatani Hakekat anak dan hakekat matematika  SD?
  8.  Bagaimana menghilangkan kecemasan matematika di sekolah dasar?
  9. Bagaimana Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif di sd ?
Menerapkan pembelajaran matematika untuk tujuan inkulkasi karakter memang sulit. Namun, nilai-nilai karakter banyak terdapat pada budaya dimana siswa berada. Bagaimana membentuk karakter siswa dengan nilai nilai budaya serta sekaligus membentuk konsep matematika menggunakan praktek-praktek budaya menjadi sebuah tantangan besar dalam pembelajaran matematika. Dengan cara ini diharapkan siswa tidak belajar matemtika untuk mendapatkan pemahaman instrumental tanpa pemahaman relasional yang merupakan kemampuan menghubungkan pemahaman konseptual matematika. 
 
Ini Tantangan besar. Munculnya Pendekatan Pendidikan Matematika realistik membawa angin segar bagi peningkatan mutu pembelajaran matematika di sekolah dasar dan dianggap sebagai solusi dari berbagai permasalahan tersebut. Masalah utamanya, kemampuan guru menerapkan prinsip-prinsip pendekatan pembelajaran matematika realistik masih menjadi pekerjaan rumah insan pendidikan matematika Indonesia. Semua sudah ada untuk solusi masalah di atas. Lagi-lagi pola pikir guru dan keengganan guru keluar dari zona nyaman yaitu cara mengajar mekanistik itu masalah utamanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Comments
0 Comments

0 Response to "Klasifikasi Problem-Problem yang Terjadi Pada Pembelajaran Matematika di SD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel