Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Menyenangkan untuk Pembelajaran Matematika

Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Menyenangkan untuk Pembelajaran Matematika - Seperti kita ketahui, pembelajaran matematika dapat dilakukan dimana saja. Anak mengenal suasana lain setelah lingkungan keluarga adalah lingkungan sekolah. Sekolah adalah lembaga pendidikan formal yang secara sistematis melaksanakan program bimbingan, pengajaran, dan latihan dalam membantu siswa agar mampu mengembangkan potensinya, baik yang menyangkut aspek moral, spiritual, intelektual, emosional maupun sosial. Menurut Vygotsky, anak-anak perlu belajar  dari lingkungan sosial mereka. Belajar matematika dalam lingkungan yang baik akan membuat siswa betah dalam belajar dan lingkungan dapat menjadi guru bagi anak-anak. artinya anak akan belajar matematika dengan baik dari hasil interaksi dengan lingkungan.

Faktor sekolah yang mempengaruhi perkembangan anak menurut Slameto (2013: 64) antara lain: Metode Mengajar (metode mengajar guru yang baik ataupun yang kurang baik), Kurikulum (bahan pelajaran, pengaturan waktu sekolah dan standar pelajaran), Relasi Guru dengan Siswa (guru dan siswa mempunyai relasi yang baik maupun yang tidak baik), Relasi Siswa dengan Siswa (relasi antar siswa baik yang baik maupun yang tidak), Disiplin Sekolah (mencakup kedisiplinan guru dalam mengajar dan melaksanakan tata tertib), Pelajaran dan Waktu Sekolah, Standar Pelajaran, Keadaan Gedung, Metode Belajar, dan Tugas Rumah, fasilitas Sekolah (alat pelajaran matematika yang lengkap dan tepat akan mempengaruhi pemahaman konsep matematika anak Sekolah Dasar).

Undang-Undang Perlindungan Anak Pasal 9 ayat 1a dan Pasal 54 menegaskan bahwa setiap anak berhak dan wajib mendapatkan perlindungan di satuan pendidikan dari tindak kekerasan fisik, psikis, kejahatan seksual, dan kejahatan lainnya yang dilakukan oleh pendidik, tenaga kependidikan, sesama peserta didik, dan/atau pihak lain. Perlindungan tersebut dilakukan oleh pendidik, tenaga kependidikan, aparat pemerintah, dan/atau masyarakat. Oleh karena itu, lingkungan sekolah hendaklah menjadi lingkungan yang menyenangkan dimana anak merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas di sekolah. Lingkungan menyenangkan akan membuat anak belajar secara menyenangkan. Jika anak merasa senang dalam belajar matematika maka inilah yang disebut dengan pembelajaran matematika yang bermakna.

Lingkungan yang membuat anak nyaman dalam belajar, selain melindungi anak sendiri juga dapat membuat anak anak dapat bermain dengan leluasa. Dari eksplorasi matematis permainan anak-anak inilah maka konsep matematika dapat dibentuk sendiri oleh siswa.
loading...

Ingin Tulisan terbaru saya langsung masuk ke email anda ? Silahkan masukan email anda:

0 Response to "Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Menyenangkan untuk Pembelajaran Matematika "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel